Sunday, October 22, 2017

Agung: Tabung gas 3 kg tak masalah

July 6, 2010 by  
Filed under BBG

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan pemerintah menilai tabung elpiji 3 kg tidak bermasalah, dan tidak akan melakukan penarikan atas jenis tabung tersebut yang kini dimiliki masyarakat.

Padahal, tabung elpiji 3 kg belakangan ini makin menjadi sorotan menyusul banyaknya kecelakaan berupa ledakan terkait gas elpiji bersubsidi tersebut di berbagai daerah.

“Kita [pemerintah] tidak menarik tabung 3 Kg. Tabung itu tidak masalah. Programnya apalagi, tidak masalah,” kata Agung kepada pers di Istana Presiden hari ini.

Kecelakaan yang terjadi belakangan ini, ujarnya, terkait dengan selang dan regulator, bukan tabungnya. Produksi selang dan regulator oleh industri ditengarai tidak memenuhi standar, sehingga harus ditarik dan diganti. Namun, masyarakat mesti membelinya alias tidak gratis.

Untuk itu, mulai 6 Juli 2010 diawali wilayah Jabotabek dan Jawa Barat, konsumen pengguna bisa menukarkan selang dan regulator yang dibeli dengan harga pabrik. Untuk selang dijual Rp12.400 sedangkan regulator dijual dengan Rp 17.700.

Untuk proyek pengadaan selang dan regulatur diserahkan pada pabrikan yang telah ditunjuk dan diberi rekomendasi oleh pemerintah untuk memproduksinya.

“Yang boleh memproduksi [selang dan regulator] pabrik yang sudah dapat rekomendasi, karena kemampuannya. Ada 15 pabrik,” kata Agung.

Dia mengatakan dari 15 pabrik yang mendapat rekomendasi, pemerintah menengarai ada satu pabrik yang memproduksi tidak benar sehingga sudah diperingatkan untuk menarik barangnya, dan tidak boleh membuat lagi seperti itu kecuali diperbarui.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.