Sunday, October 22, 2017

70% Produksi proyek Donggi untuk pasar ekspor

March 11, 2010 by  
Filed under BBG

Produksi proyek Donggi-Senoro disebut-sebut akhirnya telah diputuskan untuk kepentingan ekspor sebesar 70% dan dalam negeri sebesar 30%.

Komisaris Utama Medco Internasional Hilmi Panigoro mengungkapkan pihaknya telah mendengar kabar tersebut, dan diperkirakan izin pembangunan akan keluar dalam waktu dekat ini.

“Kami [Medco] telah mendengar bahwa pemerintah mengizinkan untuk menjual LNG dari Donggi Senoro 70% untuk ekspor, dan sisanya untuk domestik. Khusus ekspor, paling tidak ada 3 perusahaan yang telah berminat,” ujarnya hari ini.

Produksi gas dari Donggi Senoro diharapkan bisa mencapai 300 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Proyek milik Pertamina, Medco, dan Mitsubishi akan diambil dari lapangan Donggi sebesar 50 MMscfd, Matindok 20 MMscfd serta lapangan Maleoraja dan Minahaki sebesar 15 MMscfd.

Khusus untuk pembeli domestik, sejumlah perusahaan di antaranya PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) telah menyatakan kesiapannya untuk mengambil jatah dari Donggi Senoro untuk kepentingan terminal penerima LNG di Jawa Barat.

“Pembangunan kilang LNG Donggi Senoro membutuhkan waktu selama tiga tahun. Pembangunan akan dimulai setelah izin dari pemerintah keluar,” ujar Hilmi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.