Friday, January 20, 2017

67 Persen Hasil Migas Masuk Kas Negara

February 20, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Selama lima tahun terakhir ini, cost recovery telah menghasilkan penerimaan bagi negara yang jauh lebih besar. Sedikitnya, pemasukan 67% dari hasil migas menjadi penghasilan pemerintah.

“Meningkatnya cost recovery ternyata menghasilkan penerimaan negara yang jauh lebih besar,” kata Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu (BP) Migas R Priyono dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Jakarata, Kamis (18/2).

Dia mengungkapkan dalam lima tahun terakhir ini revenue to cost ratio sektor hulu migas mencapai 4 banding 1, yang artinya setiap US$1 yang dibayarkan sebagai cost recovery menghasilkan pendapatan US$4. “Sedikitnya 67% di antaranya menjadi penghasilan pemerintah,” tutur Priyono.

Adapun sekitar 50% dari total pengeluaran untuk pengadaan barang dan jasa dibelanjakan di dalam negeri. Di sisi lain, Priyono berharap agar pemberlakukan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tentang Cost Recovery dan Ketentuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi hanya dikenakan sanksi secara perdata saja.

“Hendaknya RPP cost recovery walaupun juga hukum publik, tidak masuk dalam ranah pidana dalam sanksinya, hanya perdata saja. Karena kontrak KKKS adalah tamu yang kita undang, karena itu kami wajib menjaga iklim investasi,” tandas Priyono. (Jaz/OL-03)

Media Indonesia
Jajang Sumantri

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.