Wednesday, April 16, 2014

5 Perusahaan menangkan tender batu bara PT PLN

March 24, 2010 by  
Filed under Coal

Sebanyak lima perusahaan akhirnya keluar sebagai pemenang tender batu bara PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebanyak 2,7 juta ton senilai Rp1,1 triliun per tahun untuk dijadikan bahan bakar PLTU megaproyek 10.000 MW tahap I.
Kelima perusahaan tersebut terdiri atas konsorsium PT Bina Insan Sukses Mandiri dan PT Tiramana, konsorsium PT Energi Batubara Lestari dan PT Batara Batari Sinergy Nusantara, PT Anzawara Satria, konsorsium PT Selatan Selabara dan PT Fajar Visikalam, dan konsorsium CV. Karya Utama Banua dan PT Daya Bambu Sejahtera.

Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengungkapkan semula perseroan memang membuka tender batu bara berkalori rendah (low rank coal/LRC) tersebut sebanyak 3,26 juta ton untuk memasok PLTU di wilayah Jawa dan luar Jawa.

Hanya saja, jelas dia, proses tender batu bara sekitar 560.000 ton untuk dua pembangkit di Jawa, yakni PLTU Teluk Naga dan PLTU Pelabuhan Ratu, akan dilakukan secara terpisah.

“Jadi tender batu bara untuk PLTU di Jawa dan luar Jawa akan dilakukan secara terpisah. Lima pemenang [perusahaan] ini hanya memasok 2,7 juta ton batu bara mulai tahun depan [2011] untuk pembangkit di luar Jawa selama masa kontrak 20 tahun,” ujarnya, hari ini.

Menurut dia, hasil tender batu bara itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku PLTU yang berlokasi luar Jawa, yakni PLTU Nagan Raya 280.000 ton, PLTU Teluk Sirih 460.000 ton, PLTU Bangka Baru 315.000 ton, PLTU Belitung 180.000 ton, PLTU Bengkalis 140.000 ton, dan PLTU Tarahan Baru 280.000 ton dengan nilai kalori 3.900-4.700 kCal/kg (typical 4.000 kCal/kg).

Comments

One Response to “5 Perusahaan menangkan tender batu bara PT PLN”
  1. drs.achmad prihatno,sh.mm says:

    sepanjang proses lelang dilakukan dan/ atau berjalan dengan terbuka, transparan dan akuntabel niscaya kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan yang prestisius itu, PT.PLN menurut hemat kami memiliki peran yang amat strategis dan integral dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi, karena PT.PLN dapat menentukan kelancaran dalam proses produksi dalam dunia bisnis, apapun jenis usahanya, disamping fungsi lain yang menyangkut aspek kehidupan manusia, seperti kebutuhan listrik untuk rumah tangga, penerangan jalan dll.
    kami berkepentingan untuk sedikit curhat dalam konteks ini, karena sebagai aktivis sebuah LSM, kami merasa terpanggil untuk ikut urun rembug, demikian mudah-mudahan bermanfaat, Amin

    salam hormat,
    achmad prihatno,drs.sh.mm

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.