Tuesday, July 25, 2017

4 Blok migas dapat perpanjangan kontrak

October 29, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah akhirnya memperpanjang empat kontrak pengelolaan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan jatuh tempo.

Keempat kontrak yang diperpanjang tersebut, yakni Blok A (Nangroe Aceh Darussalam), Bawean (Jawa Timur), Onshore & Offshore Madura Strait Area (Jawa Timur), dan Blok South Sumatra Extension (SSE).

Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) R. Priyono mengungkapkan rata-rata perpanjangan kontrak pengelolaan blok migas tersebut paling lama untuk waktu 20 tahun.

“Maksimal, perpanjangan kontrak itu memang untuk 20 tahun ke depan,” tutur dia, hari ini.

Dengan telah diperpanjangnya keempat kontrak pengelolaan blok migas tersebut, kata dia, artinya masih ada dua blok migas lagi yang masih menunggu proses evaluasinya.

Kedua blok migas tersebut, yakni kontrak West Madura Offshore Kodeco Energy Ltd dan Blok Mahakam, Kalimantan Timur yang dikelola Total EP Indonesie.

Seperti diketahui, saat ini terdapat enam blok migas yang masa kontraknya segera habis, yakni Blok A (Nangroe Aceh Darussalam) yang dikelola PT Medco EP Indonesia akan berakhir pada 2011 dan Blok Mahakam (Kalimantan Timur) yang dikelola Total EP Indonesie (2017).

Selain itu, juga ada Blok SSE yang dikelola oleh Medco EP Indonesia dan kontraknya akan berakhir pada 28 November 2013. Sebelumnya, kontrak Medco yang sejak 25 Juni 1963 di blok ini sudah diperpanjang selama 20 tahun sejak 28 November 1993.

Selanjutnya, Blok West Madura Offshore Kodeco Energy Ltd (2011), Bawean (Jawa Timur) Camar Resources Canada Inc (2011), dan Onshore & Offshore Madura Strait Area (Jawa Timur) Husky Oil Ltd (2012).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Evita Herawati Legowo mengakui dari enam blok migas yang akan segera habis masa kontraknya, hanya dua blok saja yang belum dibahas.

“[Keputusan] perpanjang kontrak itu nantinya akan ditetapkan oleh Pak Menteri [Darwin Zahedy Saleh]. Permennya [Peraturan Menteri] sebentar lagi selesai,” tutur dia.

Dia tidak menjelaskan alasan belum dibahasnya perpanjangan kontrak blok migas Kodeco tersebut. Namun, kata Evita, masa berakhirnya kontrak pengelolaan untuk Blok Mahakam masih terbilang lama, sehingga tidak perlu terburu-buru untuk pembicaraannya.

“Mahakam itu kan masih lama, 2017. Prosesnya masih banyak dan pada dasarnya juga tidak harus sekarang [pembahasannya]. Kita masih melihat dan evaluasi, jadi tunggu dululah. Secara prinsip juga kita belum bicara.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.