Monday, May 29, 2017

14 Kontraktor jadi pemenang proyek migas US$146,7 juta

May 14, 2010 by  
Filed under BBM

Sedikitnya 14 kontraktor kontrak kerja sama minyak dan gas bumi ditetapkan sebagai pemenang wilayah kerja yang ditawarkan pemerintah pada periode kedua 2009 dengan total komitmen investasi tiga tahun pertama sebesar US$146,7 juta.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Edy Hermantoro mengatakan pemerintah telah menawarkan 11 wilayah kerja melalui skema studi bersama yang umumnya ada di kawasan Indonesia Barat. Di saat yang sama, tuturnya, terdapat 12 wilayah kerja yang tersebar di kawasan Indonesia Timur melalui skema tender regular.

“Dari 11 wilayah kerja penawaran langsung, seluruhnya bisa ditetapkan pemenangnya. Sedangkan 12 wilayah kerja yang melalui tender regular, tiga wilayah kerja yang ditetapkan pemenang,” katanya hari ini.

Sebenarnya untuk skema penawaran langsung pemerintah menawarkan 12 wilayah kerja pada 30 November 2009. Hanya saja, sebelum pengumuman dilakukan pemerintah mencabut penawaran untuk Blok Selar dengan alasan akan dilakukan evaluasi teknik yang lebih mendalam.

Sedikitnya 11 KKKS pemenang penawaran langsung meliputi PT Sargas dan Vega (Blok Puri), PT Cakra Nusa Darma (SKKMG) Ltd (Blok Sakakemang), Konsorsium Komodo Energy LLC dan Niko Resources (Overseas XI) Ltd (Blok Sunda Strait I), Konsorsium PT Baruna Recovery Energy-AWE Ltd (Blok North Madura), Konsorsium PT Bumi Hasta Mukti-Fortune Empire Group (Blok Mandala).

Selain itu, PT Leogryph Indonesia (Blok Karapan), PT Kalisat Energi Nusantara (Blok Long Hubung Long Bagun), PTT Explorations and Productions Public Co. Ltd (Blok Malunda), Konsorsium Talisman (Asia) Ltd-PTT Exploration and Production Public Co. Ltd (Blok South Mandar,  Sadang, dan Blok South Sageri.

Untuk penawaran wilayah kerja melalui tender regular, Konsorsium Repsol Exploration S.A. dan Niko Resources memenangi Blok Cendrawasih Bay II, Konsorsium Black Gold Ventures LLC-Repsol Exploracion S.A menang di Blok Cendrawasih Bay III, Konsorsium Black Gold Ventures LLC-Repsol Exploracion S.A di Blok Cendrawasih Bay IV.

“Untuk wilayah kerja yang ditawarkan melalui tender regular pemenangnya memang relatif sedikit. Hal ini karena daerahnya masih cukup berisiko…Pemahaman geologinya memang harus komprehensif sekali. Kalau soal data yang diberikan pemerintah sebenarnya sudah cukup,” jelasnya.

Terkait dengan komitmen investasi, Edy mengatakan dari kegiatan dari KKKS pemenang tersebut, pemerintah mendapatkan komitmen investasi sebesar US$13,15 juta dari G&G, US$15,45 juta dari seismic 2D sepanjang 9.350 kilometer, US$28,50 juta dari seismic 3D seluas 4.350 kilometer per segi, dan pengeboran 8 sumur eksplorasi senilai US$89,55 juta. “Total komitmen investasi senilai US$146,70 juta. Ditambah dengan bonus tandatangan kontrak senilai US$14,65 juta.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.